Berbagai langkah dilakukan Bank Indonesia untuk meningkatkan budaya membaca anak muda. Salah satunya dengan menghadirkan BI Corner di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan (STIE Balikpapan). Hadirnya BI Corner di kampus tertua di Balikpapan itu, ditandai dengan peresmian yang dilakukan di kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman, Senin (4/12).

            Peresmian tersebut dihadiri Daputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani,Staff Ahli Pemerintah Kota Balikpapan Jum Ali, Perwakilan Perguruan Tinggi di Balikpapan,sekolah serta awak Media Cetak dan Elektronik.

            Suharman Tabrani menjelaskan, peresmian BI Corner atau pojok baca ini, adalah salah satu Program Sosial Bank Indonesia dengan tema “ Indonesia Cerdas” yang dicanangkan sejak tahun 2015. BI Corner katanya, adalah perpustakaan mini Bank Indonesia yang ditempatkan diperpustakaan daerah atau perpustakaan perguruan tinggi diseluruh Indonesia yang dilengkapi dengan desain dan fasilitas ang memadai, koleksi perpustakaan yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, dan pustaka digital. “Sampai saat ini, sudah ada 317 BI Corner yang bekerjasama dengan berbagai pihak diseluruh Indonesia, khususnya perguruan tinggi dan kedepan akan menyasar ke sekolah-sekolah. Alhamdulillah di Balikpapan hari ini, kita resmikan perdana untuk di sekolahan, yaitu si SMKN 3 Balikpapan,” terangnya.

            Ia menyebut, program ini adalah sumbangsih dari BI dalam rangka penembangan Pendidikan dan edukasi yang ada di Indonesia dengan memberikan bantuan berupa koleksi buku-buku baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Selain itu,tambahnya, sebagai informasi secara visual,perangkat dan peralatan lainnya.

            “khusus di Balikpapan Jumlah BI Corner yang diresmikan sejak tahun 2015 hingga 2017 ini ada tujuh, yaitu STIE Madani Balikpapan, STIMIK Balikpapan, Universitas Balikpapan,Perpustakaan Daerah Balikpapan, STIE Balikpapan, Istitut Teknologi Balikpapan(ITK) dan SMKN 3 Balikpapan,” terangnya.

            Ia menambahkan, ke dep[an pihaknya menargetkan akan meresmikan 1.000 BI Corner hingga tahun 2020 se-Indonesia. Karena semakin banyak Literasi yang diperoleh akan semakin mencerdaskan generasi bangsa, yang berdampak positif pada pembangunan.

            Sementara itu, Wakil Ketua I STIEPAN Riza Permadi, SE., MM mengatakan, berkaitan dengan ekonomi dan keuangan menjadikan motivasi STIEPAN untuk bersinergi dengan Bank Inonesia dalam hal ini melalui Program BI Corner.

            Tak hanya itu, Riza pun berharap, ke depan segala teknologi yang dimiliki BI bias di manfaatkanPerguruan Tinggi di Balikpapan khususnya STIEPAN, terutama dalam penelitian data-data dunia perbankan. “ Selama ini, mahasiswa masih kesulitan mencari akses penelitian terutama di keuangan. Nah, mungkin itu salah satumasukan untuk BI agar dapat memberikan akses mahasiswa dalam melakukan penelitian, baik literatu tertulis maupun secara elektronik,’harapnya.(*/snd)