Pelaksanaan pembelajaran oleh STIE Balikpapan selama masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan sistem Kuliah Jarak Jauh. Namun dalam memasuki Tahun Akademik 2020/2021 STIE Balikpapan mengarahkan sistem pembelajaran menggunakan Metode Blended Learning. Tujuannya adalah untuk tetap mengurangi interaksi antar mahasiswa, dosen dan karyawan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yaitu kewajiban menggunakan masker dan penerapan social distancing. Hal ini dimaksudkan guna meminimalisir penyebaran virus yang mematikan tersebut di lingkungan kampus.

 

 

        Blended Learning adalah metode pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka (pembelajaran secara konvensional: dengan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi) dan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi untuk mendukung belajar mandiri serta memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik. Model pembelajaran Blended Learning memiliki  komponen penting yaitu : belajar mandiri/off line, pembelajaran online, dan pembelajaran tatap muka.
         Pembahasan dan sosialisasi Blended Learning secara intensif dilakukan melalui rapat-rapat dosen yang dilaksanakan sejak tanggal 4 s/d 7 Agustus 2020, dengan harapan di Tahun Akademik 2020/2021 sudah dapat dilaksanakan secara efektif tentunya dengan terus mengevaluasi perkembangan pembelajaran tersebut.